The New Stuff

Intelegent quotient atau IQ ialah angka yang mana menjelaskan tingkat kecerdasan seseorang yang dibandingkan dengan sesamanya dalam satu populasi. Kecerdasan atau yang biasa dikenal dengan IQ (bahasa Inggris:intelligence quotient) adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar,merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis.

Tingkatan IQ manusia :

1. 0 - 29 ( Idiot IQ)
Idiot merupakan golongan orang-orang yang memiliki tingkatan IQ paling rendah. IQ idiot juga merupakan IQ orang-orang yang memiliki keterbelakangan dalam berfikir sehingga orang-orang dalam kelompok ini akan mengalami kesulitan untuk belajar berbicara dan melakukan hal-hal lainya seorang diri.

2. 30 - 49 ( Imbecile IQ )
Dalam golongan Imbecile IQ, orang-orang yang termasuk ke dalam golongan tersebut sedikit lebih baik dibanding Idiot IQ karena orang-orang pada golongan ini sudah memiliki kemampuan untuk berbicara dan melakukan hal-hal kecil seperti mengurus diri. Namun orang-orang pada golongan ini tetap membutuhkan bantuan orang lain dalam menjalankan kehidupanya.

3. 50 - 69 ( Moron atau Debil IQ )
Orang-orang pada tingkatan ini sudah mampu untuk belajar membaca dan
menulis, namun belum bisa untuk belajar pemecahan masalah seperti
hitungan. Orang-orang seperti ini biasanya sudah bisa bersekolah di
sekolah-sekolah luar biasa.

4. 70 - 79 ( Bordeline IQ )

Boedeline IQ sudah mendekati normal, namun orang-orang dalam golongan ini masih akan mengalami kesulitan dalam belajar hal-hal yang lebih kompleks. Orang-orang dalam golongan Bordeline IQ juga sering disebut sebagai golongan orang bodoh.

5. 80 - 89 ( Below Avarage IQ )
Golongan ini termasuk sudah termasuk ke golongan orang-orang normal, rata-rata atau sedang tapi pada tingkat terbawah. Orang yang termasuk ke dalam golongan ini sudah bisa berfikir dengan baik, namun tidak dapat berfikir cepat.

6. 90 - 109 ( Normal IQ )
Orang-orang pada tingkatan ini merupakan orang-orang yang memiliki tingkat kecerdasan dan cara berfikir yang tergolong normal, dan sudah tidak memiliki kekurangan lagi.

7. 110 - 119 ( Above Average IQ )
Above Average merupakan tingkatan tertinggi bagi orang-orang yang normal.

8. 120 - 129 ( Superior IQ )
Orang-orang yang memiliki IQ superior merupakan orang-orang yang tergolong cerdas dan memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata.

9. 130 - 139 ( Very Superior / Gifted IQ )
Very Superior IQ merupakan golongan orang-orang yang memiliki tingkat kecerdasan yang sangat tinggi, dan mudah memahami sesuatu hal dengan baik dan cepat.

10. 140 > ( Genius IQ )
Genius IQ merupakan tingkatan IQ yang tertinggi dan hanya dimiliki oleh orang-orang jenius. Orang-orang yang memiliki IQ jenius adalah
orang-orang yang mampu menciptakan metode, dan mampu mempelajari sendiri hal-hal yang di alaminya tanpa perlu diajarkan oleh orang
lain. Albert Einsten adalah salah satu orang yang memiliki IQ jenius.

Similar Post You May Like